Prinsip Kerja Solar Cell

Prinsip Kerja Solar Cell

Seperti yang diketahui Solar Cell Indonesia saat ini memang sangat ramai sekali diperbincangkan. Tentu saja ini karena Solar Cell memiliki manfaat yang sangat baik. Untuk itu jika anda bertanya – tanya sebenarnya seperti apa prinsip kerja Solar Cell sehingga bisa menghasilkan banyak energi?

Sinar Matahari sebenarnya terdiri dari banyak partikel yang sangat kecil dan biasanya partikel ini disebut dengan Foton. Pada saat Solar Cell Indonesia ini terkena sinar Matahari, Foton ini sebenarnya adalah partikel sangat kecil ini bisa menghantam atom semikonduktor silikon dari Solar Cell sehingga akhirnya memberikan dampak positif munculnya energi yang cukup besar untuk memisahkan elektron dari bagian atomnya. Ketika Elektron yang terpisah dan memiliki muatan Negatif ini bebas dan bergerak pada bagian pita konduksinya maka akan terpisah juga dari material semikondukornya. Dalam kondisi ini, Atom yang kehilangan bagian Elektron ini akan mengalami kekosongan di bagian strukturnya. Dimana dalam masa kekosongan ini seringkali disebut dengan istilah “hole”. Hole ini sendiri sebenarnya menunggangi muatan positif. 

Selanjutnya, untuk Semikonduktor yang memiliki elektron bebas ini memiliki sifat negatif selanjutnya akan bertindak sebagai penyumbang elektron, dimana area Semikonduktor ini adalah masuk dalam golongan tipe N, sedangkan untuk semikonduktor yang disebut dengan ‘Hole” Positif ini berperan sebagai penerima dari elekron yang kemudian dinamakan dengan nama Semikonduktor dari tipe P.

Sedangkan dari bagian persimpangan antara tipe P dan N akan muncullah sebuah energi yang akhirnya bisa mendorong elektron dan juga hole untuk kemudian bisa bergerak kearah yang berlawanan. Elektron sendiri akan bergerak menjauh daerah yang negatif sedangkan Hole sendiri akan bergerak untuk menjauhi daerah yang lebih positif. Pada saat akan diberikan beban misalnya adalah lampu atau jenis perangkat listrik lainnya, maka persimpangan dari elektron tipe N dan Hole tipe P ini akan memberikan sebuah dampak positif yaitu Arus Listrik. 

Pada dasarnya sama dengan baterai yang anda kenali, Solar Cell Indonesia ini juga bisa anda rangkai dengan seri ataupun dengan pararel. Namun secara umum, setiap sel akan menghasilkan tengangan sekitar 0,5V dengan arus listriknya adalah 0,1A pada saat mereka mendapatkan cahaya matahari yang cukup terang. Dan lagi – lagi sebenarnya sama dengan Baterai, sebenarnya Solar Cell ini juga dirangkai dengan cara berdiri dengan tujuan untuk bisa meningkatkan jumlah besaran dari tengangannya. Sedangkan Solar Cell yang dirangkai dengan cara pararel tentu saja memiliki tujuan untuk bisa meningkatkan besaran dari Arusnya. Sehingga nantinya, hasil dari Arus listrik dari Solar Cell Indonesia ini bisa dimanfaatkan dalam jumlah yang lebih besar. Terutama adalah untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari – hari minimal adalah satu rumah tangga.

Leave a Comment