5 Jenis Kertas Cetak Buku Novel sampai Buku Tahunan

5 Jenis Kertas Cetak Buku Novel sampai Buku Tahunan

Era serba digitalisasi ternyata juga mempengaruhi buku fisik atau buku yang dicetak. Kebanyakan masyarakat yang memiliki hobi membaca tapi, tidak memiliki waktu cukup untuk membaca, biasanya lebih memiliki buku digital atau yang biasa disebut E-Book. Cara mendapatkannya juga mudah, tinggal membuka google playbook dan kamu bisa mendapatkan buku yang kamu mau. Membacanya juga terbilang praktis, bisa di smartphone dan dimana saja. Walau, e-book mulai disukai masyarakat, ternyata masyarakat juga masih banyak yang menyukai buku fisik. Karena lebih nyaman dibaca, tidak membuat mata pegal, dan memiliki nilai artsy tersendiri.            

Cetak buku tahunan juga tidak berlaku hanya untuk buku bacaan saja seperti novel, biografi, sejarah, dan buku bacaan lainnya. Cetak buku tahunan juga bisa untuk beraneka ragam jenisnya. Buku juga bentuknya sudah berbeda tidak monoton kotak saja. Cetak buku tahunan juga memiliki jenis kertas yang berbeda-beda tergantung kebutuhan.

Yuk, kenali jenis kertas untuk cetak buku tahunan yang biasanya digunakan.

 1.Cetak Buku Bookpaper

Untuk mencetak buku sekarang sangat mudah sekali. Sudah banyak digital printing di perkotaan yang menyediakan jasa cetak buku. Kertas yang bewarna coklat atau cream ini biasanya ketebalan standarnya adalah 55 gsm sampai 57.5 gsm. Rata-rata penggunaan bookpaper untuk cetak buku novel.

 2.Cetak Buku HVS

Kamu pasti sudah sering menemui kertas jenis HVS ini. Biasnaya kamu dapat menemukannya di tempat foto copy. Selain bookpaper, kamu juga bisa menggunakan kertas HVS untuk mencetak buku. Kertas bewarna putih ini bisa untuk mencetak buku-buku non fiksi.

3.Cetak Buku Art Paper

Art paper terbilang kertas yang cukup tebal dengan ketebalan antara 100 sampai 180 gsm. Art paper tidak disarankan untuk digunakan mencetak buku novel, karena akan tebal sekali. Art paper biasanya digunakan untuk cetak buku company profile, portofolio, majalah, katalog promosi, buku tahunan, dan lain-lain.

4.Cetak Buku Art Carton

Art carton juga bisa digunakan untuk mencetak buku. Khususnya jenis cover di buku. Kertas yang bertekstur licin, mengkilap, halus, dan putih ini cocok untuk cetak buku bagian cover. Ketebalan Art Carton mulai dari 190 gsm sampai 310 gsm. Selain untuk mencetak cover buku, juga bisa untuk mencetak poster, sertifikat, box produk, kartu nama. Untuk mencetak cover buku biasanya menggunakan art carton dengan ketebalan 230 gsm sampai 260 gsm.

5.Cetak Fancy Paper

Fancy paper adalah kertas yang memiliki tekstur berbeda dengan jenis kertas lainnya. Fancy paper biasanya digunakan untuk mencetak buku menu, undangan pernikahan, cover buku, pengisian buku tamu acara khusus, dan lain-lain. Fancy paper ini juga memiliki aneka jenis lainnya seperti, jenis hammer, jenis tulive, dahlia, dan concord.  

Jadi, kamu sudah tahu akan menggunakan jenis kertas apa untuk cetak buku tahunan yang kamu mau?

Leave a Comment