Kelebihan dan Kekurangan Berbagai Jenis Chinese Steamer

Kelebihan dan Kekurangan Berbagai Jenis Chinese Steamer

Hidangan camilan khas tiongkok yakni dim sum memiliki penggemar yang luas di berbagai negara. Makanan dim sum ini dimasak dengan dua cara, yakni dengan cara digoreng dan dengan cara dikukus. Nah, untuk mengukusnya maka pergunakanlah chinese steamer. Alat masak ini kini terdiri dari dua jenis, yakni tradisional chinese steamer yang terbuat dari bambu  yang sering disebut sebagai klakat dan ada juga modern chinese steamer yang terbuat dari alumunium. Bentuknya mirip, berupa lingkaran juga, meski ada juga Modern chinese steamer dari bahan aluminium yang berbentuk segi empat sama sisi, hanya saja pada bagian lubangnya saja yang sedikit berbeda.

Kelebihan dan Kelemahan traditional chinese steamer

Klakat atau kukusan tradisional yang terbuat dari bambu ini memiliki keunggulan berupa hasil kukusannya yang memiliki aroma yang khas yakni aroma bambu yang diuapi, sehingga bisa menambah selera makan karena dim sum nya bisa memiliki bau yang harum. Juga pada saat diangkat maka kukusan bambu ini lebih ringan dan juga tidak akan terlalu panas, karena bambu itu bukan penghantar panas, sedangkan bahan material aluminium itu bersifat penghantar panas. Namun traditional chinese steamer tersebut juga memiliki kekurangan, yakni dari segi perawatannya yang agak sulit, dan juga daya tahan pakainya yang lebih pendek karena mudah rusak. Perawatan kukusan bambu ini memang agak sulit  dan harus rajin karena tiap kali selesai digunakan harus segera dibersihkan agar tak ada sisa bahan makanan atau dim sum yang masih menempel di sela-sela kukusan tradisional yang terbuat dari anyaman bambu ini, dan lalu dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Jika tidak maka akan sangat mudah traditional chinese steamer ini lantas menjadi berjamur.

Kelebihan dan Kekurangan Modern chinese steamer

Kini telah tersedia alat kukusan modern yang tidak terbuat dari bahan material bambu, namun terbuat dari bahan material aluminium. Kelebihannya modern chinese steamer ini adalah karena awet dan bisa lebih bertahan lama pemakaiannya, tidak akan mudah rusak, dapat dipakai hingga berulang kali dalam jangka waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan traditional chinese steamer. Selain itu juga mudah dalam hal perawatannya, mudah dibersihkan dan tidak mudah menjadi berjamur. Hanya saja keunggulan dari traditional chinese steamer ialah pada kemampuannya untuk menghasilkan aroma khas berupa bambu yang diuapi, yang bisa menambah cita rasa masakan. Namun hal ini bisa diatasi dengan cara memberi alas daun pisang atau semacamnya pada dim sum atau bahan makanan yang akan dikukus dengan menggunakan modern chinese steamer ini. Dengan demikian maka hasil masakannya juga akan bisa memiliki aroma yang khusus juga.

Pilihannya tergantung selera dan kebiasaan dalam memasak. Tiap jenis chinese steamer memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Leave a Comment