Awal Mula Percetakan Digital Printing di Jakarta

Awal Mula Percetakan Digital Printing di Jakarta

Percetakan digital printing di Jakarta atau yang terdekat dengan anda, merupakan temuan teknologi baru dalam bidang percetakan saat ini. Dalam prosesnya tidak memerlukan suatu pembuatan film serta plat dan screen namun dapat diproses langsung dari file ke mesin cetak. Usaha digital printingpun mengalami perkembangan yang pesat karena banyaknya bisnis baru yang berkembang saat ini. Usaha atau bisnis yang dijalankan tentu saja memerlukan iklan dan promosi. Atau badan sosial dan bahkan lembaga swasta dan pemerintah serta lembaga pendidikan seperti sekolah, juga memerlukan jasa digital printing. 

Mungkin sebagian kita tidak mengetahui akan sejarah atau hal detail lain tentang digital printing ini. Kita hanya mengetahui sebelumnya jika dahulu kita sangat bergantung pada teknologi sablon atau cetak offset. Namun karena kebutuhan akan kecepatan dalam proses hasil dan kualitas yang lebih baik maka masyarakat saat ini mulai bergeser pada printing digital. Berikut hal-hal mengenai digital printing yang mungkin belum anda ketahui.

Fakta akan digital printing di Jakarta yang lebih canggih :

  • Kualitas dan hasil yang lebih

Jika menggunakan digital printing Jakarta maka hasil cetak akan lebih bagus, terang dan lebih cepat tentunya. Proses yang lebih simple namun dengan teknologinya dapat mencetak gambar dengan ukuran berapa saja yang dibutuhkan pengguna jasa digital printing ini. Mulai pada ukuran yang sangat kecil sampai ukuran yang sangat besar sekalipun. Jika dibandingkan dengan teknologi sablon yang sempat menjadi andalan dalam hal pencetakan dengan proses yang rumit dan terbatas. Sablon juga menggunakan plat dan film serta harus menghasilkan banyak cetakan atau hasil akan jelek jika dicetak dalam jumlah sedikit. 

  • Awal mula adanya

Awal mula digital printing dikenal luas dimulai pada tahun 2001 dengan banyaknya printer-printer yang dapat menghasilkan gambar dan foto dengan kualitas tinggi. Ditambah lagi akan kemudahan sistem infus yang semakin memudahkan untuk mencetak dalam jumlah banyak. Setelah sistim infus maka selanjutnya kita mengenal adanya penggunaan cartridge compatible yang merupakan suatu kemajuan dalam perawatan agar cartridge asli dari printer tidak mudah rusak.

Setelah itu jasa printing digital terus berkembang dan bertambah di berbagai daerah. Dan penggunaan tinta sublime yang mampu mencetak kaos, piring, keramik dan media lainnya. Pada tahun 2004 digital printing di Jakarta mengalami kemajuan pesat dengan masuknya mesin-mesin cetak dengan wide format. Dengan kapasitas cetak yang hingga 3 m lebih untuk mencetak baliho dan spanduk. Dengan maraknya pemilihan umum dan promosi lainnya maka pesanan akan jasa digital printing pun semakin ramai. 

Jika dulu kita hanya mengenal mesin-mesin percetakan yang didatangkan dari China, maka kini mesin-mesin percetakan dari USA, Jepang dan Eropa lainnya mulai masuk ke dunia jasa percetakan di Indonesia dan mampu menjawab tantangan akan permintaan konsumen di Indonesia akan kualitas hasil cetakan yang jauh lebih berkualitas dari mesin-mesin digital printing di Jakarta sebelumnya.

Leave a Comment