Biaya Premi Asuransi Kendaraan

Biaya Premi Asuransi Kendaraan

Saat ini banyak sekali masyarakat yang menggunakan jasa asuransi mobil karena memiliki banyak manfaat asuransi mobil yang bisa dirasakan. Asuransi mobil memberikan kemudahan dan juga berbagai keuntungan kepada pelanggannya jika terjadi hal yang tidak diinginkan terjadi pada mobil. Namun, banyak juga masyarakat yang masih takut menggunakannya karena tidak tahu berapa banyak premi yang akan mereka bayarkan.

Ketakutan ini memang umum terjadi karena pemberian jaminannya juga tidak tanggung-tanggung, Untuk itu kita bahas mengenai biaya premi asuransi mobil :

Tergantung Jenis dan Harga Kendaraan 

Untuk mengetahui harga premi yang harus dibayarkan pada sebuah perusahaan asuransi maka bisa Anda tahu dari jenis kendaraan yang Anda miliki. Biasanya kendaraan ini dibagi menjadi 3 jenis yaitu kendaraan non bus dan non truk, kendaraan roda dua, serta kendaraan bus dan truk. Pembagian ini biasanya berlaku di jenis asuransi yang Total Loss Only (TLO) dan All risk.

Sedangkan untuk harga kendaraan, Anda bisa melihat tahun dan merk kendaraan Anda. Biasanya semakin mahal harga kendaraan Anda harga premi yang harus dibayarkan pun juga akan semakin mahal. Jadi, tidak heran jika Anda memiliki kendaraan mobil baru preminya mahal sekali.

Tergantung Wilayah Pertanggungan 

manfaat asuransi mobil yang banyak memang membuat banyak orang ingin mendapatkan asuransi. Harga premi asuransi yang bisa dibayarkan juga tergantung dengan wilayah Anda. wilayah pertanggungan ini di Indonesia terbagi menjadi 3 bagian. Untuk bagian yang pertama itu meliputi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Sumatra Selatan, dan Jambi. Sedangkan untuk wilayah dua meliputi Jakarta, Banten, Tasikmalaya, Bandung, Bogor, Cirebon, Purwakarta, Garut, Subang, Ciamis, Sumedang, Banjar, dan Karawang. Untuk wilayah tiga merupakan wilayah yang berada di luar wilayah satu dan dua. Biasanya pertimbangan ini berlaku untuk jenis All risk dan juga TLO.

Tergantung Umur Kendaraan

Selain kedua tadi, Umur kendaraan juga menjadi salah satu hal yang menjadi pertimbangan. Penentuan harga premi yang harus dibayarkan juga bisa dilihat dengan umur kendaraan itu sendiri. Semakin tua umur kendaraan Anda biasanya malah akan menjadi lebih mahal yang bisa Anda tahu dari kebijakan OJK yang memberikan tambahan 5% untuk kendaraan yang umurnya lebih dari 5 tahun

Tergantung Perusahaan Asuransi yang Anda Pakai

Selanjutnya adalah harga premi yang akan dibayarkan untuk asuransi mobil juga berpengaruh terhadap perusahaan Asuransi yang Anda pakai. Pakai perusahaan Asuransi yang sudah resmi sehingga memilih harga yang tak jauh beda dengan standar kebijakan pemerintah, jika Anda menggunakan asuransi yang abal-abal pasti hanya akan ada penyesalan di akhir. Banyak yang mencari karena bisa memberikan manfaat asuransi mobil.

Leave a Comment