Perbedaan Alat Tes Kesuburan Digital dengan Alat Tes Kehamilan

Perbedaan Alat Tes Kesuburan Digital dengan Alat Tes Kehamilan

Selama ini Anda pasti lebih sering mendengar informasi mengenai alat tes kehamilan dibandingkan alat tes kesuburan digital. Bahkan sebagian orang menganggap bahwa keduanya adalah alat dengan fungsi yang sama. Oleh karena itu simak penjelasan berikut agar Anda mengetahui perbedaan kedua alat tersebut. 

Beda dari Segi Fungsi

Perbedaan utamanya terletak pada fungsi alat tersebut. Jelas bahwa alat tes kesuburan digunakan untuk mengetahui masa-masa subur wanita ketika ingin melakukan program hamil. Sedangkan untuk alat tes kehamilan guna mengetahui kehidupan janin yang baru di dalam rahim. Lebih jelasnya lagi tes kesuburan bekerja sebagai pendeteksi lonjakan hormon luteining (LH) yang mendahului ovulasi. Apabila terjadi lonjakan hormon LH tersebut maka bisa dipastikan bahwa Anda sedang dalam masa ovulasi dan ada pada fase paling subur sehingga siap untuk reproduksi. 

Hal berbeda terjadi pada tes kehamilan di mana fungsinya adalah untuk mendeteksi keberadaan human chorionic gonadotropin (hCG) di dalam urin. Hormon tersebut diproduksi saat masa kehamilan. Jadi ketika hormon tersebut terdeteksi maka Anda dipastikan dalam kondisi hamil. Perlu Anda ketahui bahwa hormon yang dideteksi oleh kedua alat ini hampir serupa sehingga jika Anda menggunakan alat tes kesuburan digital dengan akurasi rendah akan sulit dibedakan. 

Dapatkan Alat Tes Kesuburan Mengetahui Kehamilan?

Anda dapat mengetahui kehamilan ketika menggunakan tes kesuburan, namun tentu saja hal tersebut tidak akurat. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa hormon kesuburan dan kehamilan hampir serupa dan sulit dibedakan oleh alat tes kesuburan dengan akurasi rendah. Jadi sebaiknya Anda menggunakan alat tes kehamilan agar lebih jelas dan akurat. 

Intinya, perbedaan kedua alat tes tersebut adalah waktu penggunaannya di mana alat tes kesuburan digunakan sebelum melakukan pembuahan untuk mengetahui waktu yang tepat melakukan hubungan. Adapun tes kehamilan digunakan setelah melakukan hubungan dan melewati periode haid. 

Sekian penjelasan singkat mengenai perbedaan alat tes kesuburan digital dan alat tes kehamilan. Semoga Anda dapat memahami perbedaan keduanya dan tidak salah ketika menggunakan. 

Leave a Comment