Dampak dan Prosedur Pemeriksaan Fungsi Hormon FSH Dan LH Tidak Seimbang

Dampak dan Prosedur Pemeriksaan Fungsi Hormon FSH Dan LH Tidak Seimbang

Sistem reproduksi pria maupun wanita terdiri dari berbagai proses dan organ, termasuk hormon yang ada di dalam tubuh. Untuk membantu sistem reproduksi ada dua jenis hormon yaitu FSH (Follicle Stimulating Hormone) dan LH (Luteinizing Hormone). Kedua jenis hormon ini memiliki peranan penting dalam menjaga sistem reproduksi tetap baik.

Peranan Hormon FSH dan LH 

Bila dilihat secara sederhana, fungsi hormon FSH dan LH memang saling berkaitan. Pasalnya fungsi FSH ialah bertanggung jawab dalam mengatur produksi sel telur pada wanita dan produksi sperma pada pria. Sementara hormon LH berguna untuk bekerja sama dengan FSH dalam mengatur kelancaran siklus menstruasi serta menjaga fungsi testis selama masa reproduksi tetap baik. Oleh sebab itu, jangan heran bila dikatakan kedua hormon ini memiliki peran yang tidak jauh berbeda karena sama-sama bekerja untuk mengoptimalkan sistem reproduksi pria dan wanita.

Dampak Fungsi Hormon FSH Dan LH Tidak Seimbang

Perlu diketahui, dampak dari ketidak seimbangan fungsi hormon FSH dan LH pada pria dan wanita berbeda, seperti:

  • Dampak ketidakseimbangan fungsi hormon FSH dan LH pada wanita

Apabila Anda menginginkan fungsi hormon FSH dan LH bisa bekerja sesuai fungsinya. Maka Anda harus memastikan kadar kedua hormon tersebut sesuai di dalam tubuh. Pasalnya, bila kedua hormon tersebut terlalu tinggi dapat membuat kedua hormon tidak mampu bekerja sebagaimana mestinya. Selain itu, bila tubuh Anda kekurangan hormon FSH dan LH juga tidak baik karena dapat terjadi infertilitas pada wanita dan siklus menstruasi tidak teratur. 

  • Dampak ketidakseimbangan fungsi hormon FSH dan LH pada pria

Sama halnya yang terjadi pada wanita, bila pria memiliki kadar hormon FSH dan LH yang berlebihan juga membuat kedua hormon tidak bisa bekerja dengan baik. Selain itu, kadar hormon FSH dan LH yang terlalu rendah juga tidak baik karena dapat menyebabkan organ reproduksi tidak berfungsi dengan baik, bahkan dapat terparahnya dapat membuat pria kehilangan gairah seks, sering merasa kelelahan hingga infertilitas pada pria.

Prosedur Pemeriksaan Fungsi Hormon LH Dan FSH

Pemeriksaan fungsi hormon FSH dan LH pada wanita biasanya dilakukan untuk membantu menemukan penyebab siklus menstruasi tidak teratur, menemukan penyebab infertilitas, mencari tahu masa subur atau ovulasi serta mencari tahu fase menopause. sementara pada pria biasanya dilakukan untuk menemukan penyebab gairah seks menurun, penyebab infertilitas serta mencari tahu penyebab jumlah sperma yang terlalu rendah. 

Nah, untuk prosedur pemeriksaan fungsi kedua hormon ini biasanya dilakukan oleh perawat profesional. Dimana nantinya akan diambil darah dari pembuluh darah bagian lengan pria atau wanita yang ingin melaksanakan prosedur ini. Setelahnya, sampel darah yang telah dimasukan ke dalam tabung tersebut akan dibawa ke laboratorium untuk melihat hasil pemeriksaaan kadar hormon FSH dan LH yang ada didalam tubuh.

Leave a Comment