Tentang Conversational Commerce yang Perlu Anda Ketahui!

Tentang Conversational Commerce yang Perlu Anda Ketahui!

Jika membahas tentang conversational commerce, kebanyakan dari Anda pasti kurang mengenalnya. Anda yang pernah melakukan pembelian online, atau melakukan pemesanan kendaraan secara online, secara tidak langsung pasti pernah melakukan conversational commerce.

Apa itu conversational commerce

Istilah conversational commerce sendiri tidak bisa dibilang baru, terutama dalam dunia e-commerce. Pertama kali muncul pada tahun 2015, dan menjadi perhatian ketika pencipta hastag Chris Messina, menyebutnya dalam artikel yang ditulis.

Kata conversational commerce sendiri adalah media yang memanfaatkan chat, atau layanan percakapan, pada aplikasi pemesanan, atau sistem lainnya. Dengan demikian pihak konsumen dan pihak penjual atau pihak customer service dari brand atau e-commerce yang sedang dihubungi, mudah untuk melakukan transaksi atau percakapan secara kasual.   

Pentingnya conversational commerce

Dilihat dari pengertiannya, tentu saja layanan yang satu ini penting artinya dalam dunia e-commerce. Dimana layanan yang dimaksud akan memberikan perhatian dan serta keahlian khusus, yang umumnya didapat oleh para konsumen atau customer dari pihak pramuniaga atau juga agen pusat panggilan, secara digital. Dibandingkan mengunjungi website, daftar akun, atau bahkan mencari produk yang diinginkan. Sekarang customer, dapat langsung bertanya bahkan langsung bertransaksi dengan pihak brand, melalui fitur chat seperti Whatsapp atau juga Facebook Messenger.  

Dimana customer sendiri akan dilayani oleh pihak representatif layanan pelanggan atau juga chatbot. Saat ini perkembangan chatbot, memungkinkan layanan untuk dapat memahami serta meniru interaksi manusia. Menciptakan percakapan yang terpersonalisasi, dan juga menyaring informasi yang ada. Selain itu, bot juga dapat digunakan, dalam hal menangani hal-hal yang sederhana, seperti pembelian, melacak paket, mengupdate akun dan hal lainnya.   

Penggunaan conversational commerce

Adapun conversational commerce sendiri digunakan pada berbagai program digital yang melakukan interaksi dengan konsumennya. Dengan fitur yang satu ini, Anda tidak hanya dapat menggunakan aplikasi pesanan saja namun juga meng-upgrade platform penjualan, dan yang lainnya.  

Dampaknya pada bisnis

Penggunaan conversational commerce sendiri tidak hanya efektif dalam proses pembelian saja, namun juga terhadap keseluruhan transaksi belanja yang dilakukan oleh pihak konsumen.

Dimana pada awalnya, chatbot akan membantu konsumen mencari dan mempelajari produk yang akan dibeli. Berikutnya brand akan melakukan pengiriman pesan balasan, yang terpersonalisasi dengan aplikasi chat pada konsumen. Sementar jika konsumen mempunyai pertanyaan tentang proses transaksi, dapat langsung mengajukannya melalui fitur live chat, sedangkan chatbot sendiri, hanya akan membantu menjawab pertanyaan atau juga permintaan yang cenderung sederhana.

Belakangan ini, cukup banyak platform pemesanan yang memungkinkan para konsumen melakukan pembelian, dengan metode pembayaran dan juga pengiriman, yang sebelumnya sudah terintegrasi pada aplikasi yang dimaksud. Maksudnya tidak lain adalah untuk memudahkan pihak konsumen dalam melakukan pembelian, lantaran semuanya dapat dilakukan dalam platform yang sama.

Secara tidak langsung conversational commerce, adalah salah satu layanan menarik, sekaligus kunci sukses Anda dalam melakukan bisnis online.

Leave a Comment