Apakah Perusahaan E-commerce Harus Terintegrasi dengan Sistem CRM?

Apakah Perusahaan E-commerce Harus Terintegrasi dengan Sistem CRM?

Hampir semua orang telah mempercayakan layanan e-commerce untuk berbelanja. Hal itu disebabkan karena layanan integrasi ecommerce dan crm menawarkan berbagai kemudahan untuk para konsumennya dalam berbagai aspek.  Salah satunya adalah adalah dalam hal pelayanan informasi produk, keluhan, saran dan-lain. Hal tersebut sebenarnya tak lepas dari sebuah sistem yang mendukung dan terintegrasi dengan perusahaan e-commerce. Sistem tersebut ialah sistem CRM.

CRM merupakan sebuah bentuk program aplikasi yang berguna untuk mendukung strategi bisnis terutama untuk menambah keeratan interaksi antara perusahaan dengan pelanggan. Dari hal tersebut, diharapkan perusahaan dapat meraih keuntungan yang lebih besar serta reputasi yang lebih baik lagi di mata pelanggan. CRM yang merupakan singkatan dari Customer Relationship Management ini memang dirancang khusus untuk mengelola hubungan dengan pelanggan sesuai dengan namanya.

Biasanya, aplikasi CRM ini dikelola oleh bagian marketing atau bagian pemasaran dari sebuah perusahaan, khususnya perusahaan dengan layanan e-commerce. Aplikasi CRM ini dikelola oleh bagian pemasaran perusahaan untuk membuat dan mengirim penawaran ke klien dengan lebih cepat atau efisien dari segi waktu. Karyawan bagian penjualan atau pemasaran melalui aplikasi CRM dapat mengetahui banyak hal dari klien terkait apa yang diinginkan dan diharapkan dari klien untuk perusahaan e-commerce tersebut. Selain itu, karyawan bagian pemasaran atau penjualan dapat mengetahui beberapa info yang dimiliki oleh pelanggan. Info tersebut ialah mengenai kontak, catatan, pesanan penjualan, tagihan penjualan, data tren pembelian serta kunjungan klien atau pelanggan.

Dari hal-hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa layanan integrasi ecommerce dan crm harus dilakukan. Hal itu harus dilakukan agar penjualan dapat meningkat serta dapat meningkatkan juga kualitas pelayanan terhadap pelanggan agar pelanggan lebih merasa ‘dekat’ dengan perusahaan e-commerce tersebut. Selain itu, pengintegrasian CRM dengan layanan e-commerce dapat berguna bagi perusahaan e-commerce untuk menemukan ‘ranah pasar’ nya sehingga bisa lebih tergambar harus ke mana produk yang dimiliki harus dipasarkan.

Selain itu, aplikasi CRM dapat berguna bagi perusahaan dengan layanan e-commerce untuk membuat dan mengkoordinasikan basis pelanggan dari kontak-kontak pelanggan yang telah dimiliki dan itu dikelola oleh tenaga bagian pemasaran atau penjualan. Basis pelanggan yang telah dibuat tersebut dapat dikelola melalui web, call center, atau dari grup kontak yang dikelola oleh tenaga pemasaran atau penjualan.

Aplikasi CRM juga berguna untuk karyawan di bagian SDM untuk memantau hasil kerja yang tercatat dari data yang dimiliki oleh tenaga bagian penjualan, staf layanan pelanggan, staf pemasaran yang terintegrasi menjadi satu data yang dikelola dari aplikasi CRM tersebut.

Kesimpulannya ialah, aplikasi integrasi ecommerce dan crm benar-benar dapat membantu perusahaan tersebut untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan demi menaikkan pendapatan serta reputasi dari perusahaan tersebut agar proses bisnis yang dilakukan dapat terus berjalan dengan baik.

Leave a Comment