3 Jenis Alat Tes Ovulasi Terbaik

3 Jenis Alat Tes Ovulasi Terbaik

Anda tengah melakukan program kehamilan? Tentunya alat tes ovulasi bisa menjadi sahabat yang membantu Anda untuk mengetahui masa-masa subur anda. Meskipun masa subur dapat dihitung setelah 10 hari dari menstruasi pertama dalam satu bulan, dengan alat bantu tes ovulasi tentunya dapat menambah akurasi mengetahui masa subur.

Berikut adalah tiga jenis alat tes ovulasi terbaik yang mungkin bisa Anda cari jika mencari alat tes ovulasi di apotik.

1.     Ovulation Test Pack

Seperti namanya, alat tes ovulasi ini seperti alat tes kehamilan. Penggunaannya sangatlah mudah yaitu Anda hanye perlu meletakan sampel urin ke alat tes ovulasi ini. Alat tes ini memiliki cara kerja dengan mendeteksi perubahan luteinzing hormone (LH) dalam tubuh Anda.

Jika produksi hormon tersebut telah meningkat, hal tersebut mengindikasikan bahwa masa subur akan tiba. Untuk memperoleh kemungkinan kehamilan sangatlah besar, bagi pasangan yang ingin segera memiliki momongan disarankan untuk melakukan hubungan seksual.

2.     Tes Suhu Basal

Dengan mengukur suhu basal (Basal Body Temperature/BBT), Anda dapat pula mengetahui masa subur. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu suhu basal, suhu basal adalah suhu tubuh Anda saat beristirahat. Caranya sangatlah mudah, siapkan termometer yang telah pengukur suhu basal. Kemudian, cek tubuh Anda dengan termometer, tepat setelah bangun tidur.

Pada umumnya, suhu tubuh seorang wanita yang tidak dalam masa subur yaitu berkisar 36,2 hingga 36,5 derajat. Tetapi, saat dalam masa subur  dapat meningkat sekitar 0,5 hingga 1 derajat. Hal ini dikarenakan, hormon progesteron mulai dikeluarkan oleh indung telur.

Agar mendapat akurasi yang tepat, Anda dapat melakukan tes ovulasi dengan menggunakan termometer ini setiap hari dalam siklus menstruasi penuh. Lakukan tes ovulasi ini pada hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi bulan selanjutnya. Catat dan perhatikan suhu basal Anda.

3.     Lendir Serviks

Tes ovulasi yang ketiga adalah dengan menggunakan lendir serviks. Anda dapat memeriksa lendir serviks menggunakan tisu atau jari. Bila tidak ada lendir berarti Anda tidak dalam masa subur. Cara ini memang sulit untuk dijadikan patokan karena bisa disalah asumsikan keputihan menjadi lendir serviks. Lebih baik Anda menggunakan tes ovulasi ovulation test pack yang mudah cara penggunaannya, hasil yang didapatkan juga cukup akurat.

Leave a Comment